Desa Ketiga, Festival Panen Kopi Gayo di Blang Gele Dibuka

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Pembukaan Festival Panen Kopi Gayo di Desa Blang Gele (27/7/2024)

TAKENGON, KABARACEHONLINE.COM: Rangkaian Festival Panen Kopi 2024 di Desa Blang Gele  resmi dibuka. Desa ini menjadi desa ketiga dalam pagelaran Festival Panen Kopi Gayo tahun. Berbagai kesenian seni budaya tradisi meriahkan serimonial pembuka acara ini. Sabtu, (27/7/2024).

Pembukaan ini dihadiri oleh sejumlah Muspida plus Kabupaten Aceh Tengah, unsur Pemerintahan Desa Blang Gele, Forum Reje Bebesen, Komunitas Gayo Cultural Lab, Inisiator Festival Panen Kopi dan sejumlah tamu undangan serta pihak-pihak terkait lainnya.

Inisiator Panen Kopi Gayo, Hardiansyah Ay menyebutkan Festival Panen Kopi Gayo ini tahun didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, program Dana Indonesiana melalui komunitas Gayo Kultural Lab.

Festival ini telah diselenggarakan sejak tahun 2017 di Dataran Tinggi Tanah Gayo ini menyuguhkan berbagai bentuk atraksi kesenian tradisional, ritual tradisi, atraksi kopi, workshop kebun dan kopi, pasar kopi dan kuliner, permainan tradisional dan pagelaran Jazz Panen Kopi.

Tahun ini desa yang menggelar Festival Panen Kopi Gayo bertambah menjadi lima desa, dari tahun sebelumnya hanya  tiga desa. Untuk ini di Aceh Tengah, digelar di Desa Kelitu, (13-14 Juli 2024), Desa Bukit Sama (20-21 Juli 2024) dan Desa Blang Gele (27-28 Juli 2024), Desa Asir-Asir (3-4 Agustus 2024) sementara untuk di Kabupaten Bener Meriah, berlangsung di Desa Delung Tue (10-11 Agustus 2024).

Ketua Panitia, Rizky Idrus Setiadi menyebutkan, Desa Blang Gele merupakan wilayah penghasil kopi Arabika Gayo  dikenal dengan kualitasnya dan mempunyai akar sejarah yang kuat tentang asal mulai kopi Gayo di Dataran Tinggi Gayo. 

“Festival ini dipersiapkan Panitia dengan keterlibatan pemuda desa bersama pemerintah desa serta dukungan komunitas Gayo Kultural Lab dan peran serta UMKM yang berpartisipasi dalam kegiatan” ungkap Rizky Idrus.

Reje Blang Gele, Taupik menyampaikan komitmen pemerintah desa untuk acara ini dan berharap untuk kedepannya kegiatan ini terus berlanjut “Semoga Festival Panen Kopi Gayo Blang Gele memberikan manfaat yang baik bagi perkembangan desa dalam mengembangkan potensi yang ada” ungkapnya.

Berlangsung selama dua hari Festival ini memberikan pengalaman istimewa bagi para pengunjung, selain bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya, pengunjung juga dapat menikmati pengalaman wisata kebun kopi perkebunan rakyat desa Blang Gele.(REL)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI