Puncaki Klasemen Akhir PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024, Jawa Barat Hattrick

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Klasemen Perolehan medali PON XXI Aceh-Sumut 2024

BANDA ACEH, KABARACEHONLINE.COM: Pencapaian luar biasa ditorehkan Provinsi Jawa Barat di event olahraga terbesar tingkat nasional, PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 ini.

Kontingen Bumi Pasundan itu mengunci gelar juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Prestasi ini mengukuhkan Jawa Barat mencatat tinta sejarah mampu menggapai kampiun tiga kali berturut-turut (hattrick), karena sebelumnya, PON XIX/Jabar tahun 2016 dan PON XXI/Papua tahun 2021, mereka juga berhasil keluar sebagai juara umum.

Berdasarkan data perolehan medali yang dirilis oleh PB PON XXI/2024 Aceh-Sumut hingga pukul 15.28 WIB. Kontingen Jabar kokoh di posisi pertama dengan raihan 195 medali emas, 163 medali perak, dan 180 medali perunggu.

Jabar unggul dari pesaing kuatnya Jakarta yang harus pasrah berada di urutan kedua setelah mendulang 184 keping medali emas, 150 perak dan 145 perunggu. Diikuti Jawa Timur di peringkat ketiga dengan 146 medali emas, 137 perak, dan 146 perunggu.

Posisi ke empat dihuni tuan rumah Sumatera Utara dengan raihan 79 keping emas, 59 perak dan 116 medali perunggu, sedangkan tuan rumah lainnya, Aceh harus puas ke posisi keenam yang memperoleh 65 emas, 48 perak dan 79 perunggu setelah dikudeta Jawa Tengah di posisi lima yang membawa 71 medali emas, 74 perak dan 115 perunggu.

Ketua Umum KONI Jawa Barat Muhammad Budiana mengatakan, dirinya bersyukur kepada Allah SWT karena pada PON XXI/2024 Aceh-Sumut kontingen Jawa Barat di detik-detik terakhir mampu melampaui provinsi lain dalam perolehan medali dan meraih gelar juara umum.

Hasil ini merupakan cita-cita seluruh masyarakat Jawa Barat, khususnya komunitas olah raga amatir dibawah naungan KONI Jabar hingga akhirnya bisa meraih hattrick juara di PON XXI/2024 Aceh-Sumut tahun ini.

“Juara umum ini didapatkan tidak serta merta, tapi butuh pembinaan yang kontinyu dan berkelanjutan yang dilakukan oleh KONI Jabar, pengurus provinsi cabang olah raga, Koni kabupaten/kota, dan juga dukungan dari semua stakeholder.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Jabar, gubernur, pemprov Jabar, DPRD, da, bisa menjadi juara umum tiga kali berturut-turut, sejak PON XIX/2016 Jabar, PON XX/2020 Papua, dan sekarang PON XXI/2024 Aceh-Sumut,” kata Budiana, Jumat 20 September 2024.

Dia menambahkan, prestasi yang telah dicapai ini tidak boleh berhenti atau cepat merasa puas karena selanjutnya di Jabar akan mulai dilaksanakan babak kualifikasi untuk pekan olah raga provinsi.

Porprov sendiri akan dilaksanakan pada tahun 2026 di tiga daerah yaitu Depok, Kota Bogor, dan Kabupaten Bekasi. Porprov ini juga menjadi ajang untuk menjaring atlet-atlet yang nantinya akan disiapkan untuk PON XXII/2028 di Nusa Tenggara Barat (NTB)- Nusa Tenggara Timur (NTT).

Atlet-atlet dari Porprov ini nantinya akan menggantikan atet-atlet senior, karena secara alamiah keberadaan atlet nanti ada yang disebut batas akhir kemampuan (peak performance).

Dengan demikian atlet sekarang yang akan turun di ajang kejuaraan olah raga single maupun multi event memiliki atlet pelapis yang telah disiapkan, sehingga pembinaan bisa terus berkelanjutan.

“Terima kasih, saya ucapkan kepada 1260 atlet, 300 pelatih, mekanik, manajer, pimpinan cabor, dan KONI kabupaten/kota dimana kontingen Jabar ini diperkuat dua ribu orang dibawah binaan Pj gubernur Bey Machmudin dan ketua CdM yang juga Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus yang telah memimpin pasukan Jabar hingga akhirnya bisa meraih hattrick di PON XXI/2024 Aceh-Sumut,” ungkapnya. (**)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI