Usai Kelitu, Festival Panen Kopi 2024 di Bukit Sama Dibuka

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Festival Panen Kopi Gayo 2024 di desa Bukit Sama

TAKENGON, KABARACEHONLINE.COM: Rangkaian Festival Panen Kopi 2024 di Desa Bukit Sama resmi dibuka. Desa ini adalah desa kedua dari lima desa yang menggelar Festival Panen Kopi Gayo 2024 tahun ini. Berbagai kesenian seni budaya tradisi meriahkan serimonial pembuka acara. Sabtu, (12/7/2024).

Pembukaan ini dihadiri oleh unsur Muspida plus Kabupaten Aceh Tengah, unsur Pemerintahan Desa, Komunitas Gayo Cultural Lab, Inisiator Festival Panen Kopi dan sejumlah tamu undangan serta pihak-pihak terkait lainnya.

Inisiator Panen Kopi Gayo, Hardiansyah Ay menyebutkan Festival Panen Kopi Gayo ini tahun didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, program Dana Indonesiana melalui komunitas Gayo Kultural Lab.

Festival ini telah diselenggarakan sejak tahun 2017 di Dataran Tinggi Tanah Gayo ini menyuguhkan berbagai bentuk atraksi kesenian tradisional, ritual tradisi, atraksi kopi, workshop kebun dan kopi, pasar kopi dan kuliner, permainan tradisional dan pagelaran Jazz Panen Kopi.

Sebelumnya di 2023, Festival Panen Kopi berlangsung di Tiga Desa di Aceh Tengah, sementara untuk tahun ini desa penyelenggara bertambah menjadi lima desa, empat desa di Aceh Tengah dan satu desa di Bener Meriah. 

Untuk Aceh Tengah,  di Desa Kelitu, (13-14 Juli 2024), Desa Bukit Sama (20-21 Juli 2024) dan Desa Blang Gele (27-28 Juli 2024) sementara untuk di Kabupaten Bener Meriah, berlangsung di Desa Delung Tue (10-11 Agustus 2024).

Festival ini bukan hanya merupakan momen perayaan bagi masyarakat yang telah bekerja keras untuk menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi tapi juga sebagai media pengembangan dan peningkatan kapasitas masyarakat yang diikutsertakan dalam membangun kebudayaannya melalui potensi-potensi yang mereka miliki di desa, baik potensi kebudayaan, pertanian, pariwisata dan lainnya yang tersedia di desa.

Berlangsung selama dua hari Festival ini memberikan pengalaman istimewa bagi para pengunjung, tak hanya bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam desa Bukit Sama yang eksotis dengan suasana sejuk pegunungan diantara hamparan kebun kopi.(ARS)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI