Bener Meriah Raih “Daerah Inovator Vaksinansi Covid-19”

filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, REDELONG:Sejak pertama kali vaksinasi disuntikan pada tanggal 13 Januari 2021, sejak itu pula pemerintah, mulai dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota menargetkan 70 persen masyarakatnya harus sudah mendapatkan vaksinasi dosis I per 31 Desemeber 2021 tidak terkecuali untuk masyarakat Kabupaten Bener Meriah, target tersebut harus tercapai.

Berbagai upaya dari pemerintah untuk melenyapkan virus tersebut dari bumi ini belum juga final, dengan kata lain pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Secara khusus Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, sejak munculnya virus tersebut dibumi Sengeda itu, pemerintah setempat mulai melakukan Langkah-langkah untuk mencegah, menekan penularan virus itu. Penyemprotan disinsfektan mulai digencarkan keseluruh pusat – pusat keramain, pelosok kampung, sosialisasi dan ajakan menerapkan protokol Kesehatan 3M mulai dilakukan secara massif oleh pemkab Bener Meriah dengan Tim Satgas Penanganan Percepatan Covid-19nya.

Read More

Hari Rabu tanggal 10 Pebruari 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah secara resmi melaunching pemberiaan vaksin kepada masyarakat. Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi menjadi orang pertama di Bener Meriah yang mendapatkan Vaksinisasi Covid-19 produksi Sinovac. Bupati Tgk. H. Sarkawi bersama pejabat lainnya diantaranya, Cawabup terpilih kala itu Dailami, Wakapolres Kompol Maryono, Ketua Pengadilan Negeri Bener Meriah Purwaningsih, SH, Dirut RSUD dr. Sritabah Hati, S.pA dan lainnya.

Seusai menerima vaksinasi tersebut, Bupati Bener Meriah langsung mengadakan konfrensi pers dan menyampaikan, mulai sekarang, vaksin Covid-19 secara resmi mulai disuntikan ke seluruh masyarakat Bener Meriah. Pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat dan ikhtiar kita untuk mengurangi dan menekan jumlah kasus infeksi Covid-19 yang ada di Bener Meriah, kata Bupati.

“Berdasarkan data tersebut, maka Serambi Indonesia menobatkan Kabupaten Bener Meriah untuk mendapatkan Anugerah Serambi Awards Tahun 2022 untuk Kategori “Daerah Inovator Vaksinansi Covid-19”, tegas Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi, S.STP, M.A.P.

Disisi lain Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah Irmansyah, S.STP, M.A.P mengungkapkan, pelaksanaan Latber, Latber (Latihan Bersama) Pacuan Kuda Tradisional Gayo dilaksanakan ini untuk mengoptimalkan Vaksinasi Covid-19, sehingga capaiaan Vaksinasi dapat tercapai pada akhir Desember 2021 sebesar 70 %.

“Mudah-mudahan dengan semangat dan dukungan bersama melalui Latber ini kita berharap optimalisasi vaksin di Bener Meriah bisa meningkat sesuai target,” harapnya.

Secara terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah yang diwakili oleh Kabid P2P Gazali, S.KM menjelasakan, kalau berdasarkan data, selama 7 (tujuh) hari pelaksanaan Latber Pacuan Kuda, dari tanggal 20 s/d 26 Desember 2021 itu menyumbang masyarakat untuk divaksin cukup signifikan sebanyak 10.000 orang yang puncaknya pada hari Sabtu dan Minggu ( 25 – 26 Desember) dengan capaian dosis 1, yang sebelumnya 58,1% menjadi 71, 7% berdasarkan (QR) Pedulilindungi yang disediakan dilapangan, katanya.

Gazali, S.KM juga menyampaikan, kalau kita lihat berdasarkan laporan ‘VaksinasiCovid-19 Provinsis Aceh sampai dengan tanggal 16 Pebruari 2022, untuk capaian vaksinasi dosis 1, kita berada diurutan ke-3 dibawa Banda Aceh dan Lhokseumawe dengan 98,1%, dosis 2 Bener Meriah berada di urutan ke-9 dengan 54,9% sedangkan untu dosis 3 (Nakes) kita berada diurutan ke-23 dengan 59,8%, ungkapnya.

Kata Kabid P2P Dinas Kesehatan Gazali, S.KM, tujuan dari Vaksinasi adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi, disamping untuk menurunkan angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini (Covid-19), tambahnya.

Alhamdlillah, dengan hampir 100% (98,1%) masyarakat yang sudah di vaksin mudah-mudahan ini bisa melindungi warga kita dari infeksi Covid-19, karena vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat serangan virus ini,” harap Gazali, S.KM.

Dibagian akhir, Gazali, SKM juga mengungkapkan, vaksinasi ini juga untuk mendorong terciptanya Herd Immunity (kekebalan kelompok). Dengan vaksin Covid-19, kita tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar kita. “Yang jelas Vaksin Covid-19 ini aman, halal dan berkualitas, jadi ayo vaksin,” tutup Gazali, S.KM.

Berdasarkan data dan fakta diatas, pantas dan wajar Kabupaten Bener Meriah dinobatkan sebagai daerah Inovator Vaksinasi Covid-19 diacara Sarambi Awards pada malam puncak peringatan harian Serambi Indonesia ke-33 tanggal 11 Maret 2022 yang dilangsungkan di Anjungan Mon Mata Banda Aceh, Jum’at, 11/3/2022 malam.

Dinobatkannya Kabupaten Bener Meriah sebagai daerah Inovator Vaksinasi Covid-19 ini ditandai dengan penyerahan penghargan oleh Pimpinan Redaksi Serambi Indonesia Zainal Arifin M. Nur didampingi oleh pimpinan perusahaan Mohammad Din yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Dailami. Bukan Cuma Kabupaten Bener Meriah yang menerima anuhgerah tersebut, ada 66 nominator terpilih yang berasal dari lembaga pemerintah dan swasta, perusahaan BUMN/BUMD, dan perguruan tinggi yang dinilai melakukan inovasi di bidangnya masing-masing.

“Selamat kepada Kabupaten Bener Meriah, atas Inovasinya dalam memaksimalkan Vaksinasi Covid-19, Semoga kedepannya semakin semakin banyak inovasi-inovasi yang lahir dari Bumi Sengeda ini, Amiiin”. (REL).

Related posts