Masyarakat Peureulak Barat Harapkan Saluran Irigasi Blang Palah Dilanjutkan

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABAR ACEH, ACEH TIMUR: Muspika Kecamatan Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur dalam hal ini Camat Peureulak Barat , H. Syamsul, SH, atas nama Masyarakat Peureulak Barat, berharap Kepada Perintah Aceh Timur dan Pemerintah Provinsi Aceh, agar dapat melanjutkan pembangunan saluran irigasi yang telah di bangun sebagian, tentunya untuk dilanjutkan di tahun mendatang, mengingat saluran tersebut sangat mendukung produksi para petani di areal wilayah Blang Palah. Senin 24/02/2020

“Kami masyarakat Peureulak sangat mengharap agar pembangunan saluran irigasi untuk pengairan di Blang Palah dapat dilanjutkan pembangunannya, jadi yang sudah dibangun agar dilanjutkan”, Kata H Syamsul.

Menurut cacatan, Setiap tahunnya dari pihak Kecamatan terus memproritaskan saluran irigasi tersebut di setiap Musrenbang Kecamatan, dan untuk tahun 2021 sudah dimasukan pengajuannya di Musrenbang yang baru saja dilaksanakan, ini

“Tujuannya agar benar benar dapat terialisasi, dan terlaksana dengan baik maka Dua Gampong Mon Geudong dan Gampong Paya Gajah yang belum ada saluran irigasi sudah dapat terbantu itu yang diharapkan”, Kata Camat Peureulak Barat lagi.

Menurut Syamsul, Wilayah areal Sawah Blang Palah merupakan salah satu lumbung pangan sektor pertanian Aceh Timur yang luasnya mencapai lebih kurang 1.300 Ha “, ujarnya.

Sama halnya yang disampaikan salah seorang tokoh masyarakat Gampong di Peureulak Barat, Tgk. Almuajirni, Pada Kabaracehonline menjelaskan, kami di beberapa gampong di wilayah Kecamatan Peureulak Barat sangat membutuhkan kelanjutan pembangunan irigasi, agar seluruh areal sawah di wilayah Blang Palah Peureulak Barat dapat sepenuhnya berfungsi dan para petani dengan mudah dapat melaksanakan aktifitasnya sebagai petani sama dengan petani yang areal sawahnya sudah ada saluran irigasi “, Kata Almuajirni.

Menurutnya, catatan yang kita ketahui, di tahun 2017 ada paket bantuan saluran irigasi sepanjang 850 M, dan Tahun 2018, 600 M, dan masih banyak tersisa pembangunannya, karena hemat kami di tahun 2019 dan tahun 2020 belum ada tanda tanda kelanjutan pembangunanya, bila itu terpenuhi maka Tujuh Gampong, yakni, Kabu, Beringin, Tanjong Tualang, Paya Sengat, Mon Geudong, Paya Gajah dan Gampong Beusa, semuanya terpenuhi “, Jelas Almuajirni.

Bila hal ini terpenuhi maka secara keseluruhan wilayah areal Blang Palah sudah maksimal dapat memproduksi hasil padi yang lumayan, dengan sendirinya ekonomi masyarakat petani akan lebih meningkat.(REL)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI