Kemenag Bener Meriah Sosialisasi Pembukaan Pendaftaran  Haji Reguler  Bagi Imam Kampung

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABAR ACEH, REDELONG: Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bener Meriah Bupati Tgk. H. Sarkawi membuka Sosialisasi Pembukaan  Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler Bagi Imam Kampung dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah sekaligus menjadi pemateri tunggal dalam kegiatan tersebut, Kamis, 15/10/2020.

Bupati Tgk. H. Sarkawi dalam meterinya menyampaikan, pengalaman,  orang yang berusia dibawah 50 tahun berangkat naik haji Insyaallah dia bisa menjaga dengan sempurna untuk dirinya dan bagi yang  lainnya, umur 55 ke 65 secara adat dia bisa sempurna untuk dirinya dan bisa sekedarnya membantu yang lain dan 65 keatas kata Tgk. H. Sarkawi, ini “Kerap kin urusen” (sering menjadi urusan), jelas Bupati.

Lanjutya, kalau ada rezeki, teguhkan niat Insyaallah nanti Allah yang atur,  segera daftarkan haji, ada sebahagian orang berpikir kalau usia 50 dan 60 tahun ngapain lagi mendaftar haji, ini adalah pikiran yang salah dan keliru, kewajiban kita adalah mendaftar, tentang pemberangkatannya nanti Allah yang mengatur. Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menceritakannya perjalanan hajinya ketanah suci, mulai dari mendaftar sampai berangkat ke tanah suci.

Bupati juga menyampaikan dimana mulai tanggal 5 Oktober 2020 sudah dibuka Umroh secara terbatas oleh Kerajaan Arab Saudi, kebetulan Bupati sebelum menunaikan ibadah haji, beliau juga terlebih dahulu melakukan ibadah Umroh.

“Mudah-mudahan untuk tahun 2021 mendatang, Allah memberikan jalan kepada kita semua, kepada keluarga kita, kepada masyarakat kita untuk dapat menunaikan ibadah haji dengan sebaik-baiknya, Insyaallah”, harap Bupati yang langsung diaminkan oleh seluruh peserta yang hadir

Meskipun mungkin masih ada pandemi, dengan kedatangan guru-guru kami pada hari ini, untuk dapat diteruskan kepada semua lapisan masyarakat. Tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga mengajak semua peserta yang hadir dan kepada seluruh masyarakat kabupaten Bener Meriah, agar tetap menjaga diri, terapkan prtokol kesehatan dengan sebaik-baiknya, pakai masker dengan baik dan benar, hindari kerumunan dan sering mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, karena Covid-19 di daerah kita sampai saat ini belum menunjukan tanda-tanda akan berakhir, pesan Bupati Tgk. H. Sarkawi.

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Drs. Hamdan,M.A dalam sambutannya menyampaikan,  kami sebagai corong akan terus menyampaikan informasi langsung ketengah-tengah masyarakat, bukan hanya tentang haji tapi juga tentanng berbagai macam kegiatan keagamaan yang harus kita bantu secara bersama-sama, kata Hamdan.

“Covid boleh ada, tetapi Pengajian dan lain-lain tetap berjalan dan dengan syarat mamatuhi dan menjaga protocol kesehatan,” tegasnya.

Sebelumnya Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Bener Meriah Azhari Ramadhan, S.Ag. M.Ag yang juga Ketua Panitia melaporkan, acara yang digelar pada hari ini bertajuk Sosialisasi Pembukaan  Pendaftaran dan Pematalan Haji Reguler Bagi Imam Kampung dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah, yang berdasarkan kepada undang-undang No. 8/2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh beserta seluruh turunannya. Dalam laporannya.

Sedangkan peserta yang hadir adalah, Imam kampung masing-masing 5 orang yang mewakili 10 kampung setiap kecamatan dalam Kabupaten Bener Meriah, dengan jumlah keseluruhan 50 orang. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk memberikan informasi, melakukan sosialisasi tentang tugas dan fungsi dari pemerintah dalaam penyelenggaraan ibadah haji baik dipusat maupun didaerah, serta tentang pelayanan haji yang dilakukan oleh Kantor kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah, ungkap Azhari.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Syariat Islam Taslim, S. Ag. M.Sos, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, yang diwakili oleh Kasi Pendaftrana Haji Reguler, Para Kepala KUA Kecamatan dalam Lingkungan Kantor Kemenag Bener Meriah, para kepala Madrasah tingkat MI/M.Ts dan MA se-Kabupaten Bener Meriah, Ketua IPHI Kabupaten Bener Meriah dan tamu undangan lainnya. (REL).

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI