Tutup Pelatihan Takmir, Sarkawi: Banyak Hal yang Bisa dilakukan di Masjid

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABAR ACEH, REDELONG:Memakmurkan Masjid harus dilakukan dengan berbagai kegiatan yang positif, khususnya dalam bidang keagamaan. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi pada saat menutup Kegiatan Pelatihan Takmir Masjid Se-Kabupaten Bener Meriah Angkatan 1 s/d 3 disalah satu Homestay Kampung Bale Atu kecamatan Bukit, Minggu, (25/10/2020).

Sarkawi mengungkap hal tersebut memang tidak mudah untuk dilakukan tapi bukan tidak bisa.

“Makanya melalui pelatihan ini para Takmir harus didorong untuk membuat trobosan dan strategi yang bernuansa Islami, serta kegiatan lainnya yang bersifat mengajak jemaah kejalan yang benar, dan sudah barang tentu hal-hal yang demikian telah dirumuskan olah para Takmir dan pengurus Masjid lainnya”ujarnya.

Lebih lanjut Bupati dalam Sambutannya mengatakan, penegakan Syariat Islam khususnya di dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah harus dilakukan pendekatan yang edukatif dan persuasif agar masyarakat dapat memahami syariat secara bertahap.

“Pelatihan ini sebenarnya bagian dari tugas penegakan syariat islam sebagai pemberdayaan umat dan masyarakat sekitar,” tegas Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Sarkawi juga mengharapkan, Takmir adalah sebagai pelayan jemaah masjid, makanya seorang Takmir harus memberikan perhatian yang lebih, khususnya dalam hal melayani segala kebutuhan yang berkaitan langsung dengan upaya pemakmuran Masjid.

“Dan ingat, Masjid tidak boleh membebani jemaahnya, namun Masjid itu adalah untuk mensejahterkan jemaah dan masyarakat dan memberdayakanya terutama dalam hal keagamaan,” pesan Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga mengharapkan, melalui para pengurus berharap, Masjid itu juga dapat, mencerahkan, menyemangati, mencerdaskan banyak hal yang bisa dilakukan di Masjid.

Terakhir Bupati Tgk. H. Sarkawi juga berpesan, Takmir Masjid disamping mengarahkan jamaahnya agar memiliki akidah yang kuat, juga berkwajiban mendorong jamaahnya agar senantiasa menjaga kerukunan diantara warga masyarakat. Suasana kerukunan haruslah diciptakan sedemikian rupa sehingga masalah-masalah perbedaan faham tidak harus menjadi hambatan di dalam kehidupan bersama.

Diakhir acara Ketua BKPRMI Kabupaten Bener Meriah menyerahkan piagam kepada Bupati Bener Meriah dan Kadis Syariat Islam.(REL)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI