Guru dan Pimpinan Dayah di Bener Meriah Ikuti Pelatihan Kurikulum

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABAR ACEH, REDELONG: Pemkab Bener Meriah gelar Pelatihan Kurikulum Dayah tahun 2020 yang diikuti oleh para guru dan pimpinan Dayah dan Pesantren di kabupaten tersebut. Kegiatan ini berlangsung di Homestay kampung Bale Atu Kecamatan Bukit, Kamis, 12/11/2020.

Acara ini dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Keistimewaan dan SDM Abdul Kadir, ST. M.Si mewakili Bupati Bener. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya kepada para guru dan kepala pendidikan yang berada dibawah naungannya.

“Pendidikan merupakan suatu sistem pembinaan manusia secara jasmani maupun rohani untuk menghasilkan insan beriman, bertaqwa, berilmu, berbudi pekerti dan terampil di bidangnya,” ungkap Abdul Kadir.

Dayah memiliki kurikulum yang tersendiri, kurikulum Dayah dari sejak dahulu tidak diatur oleh pemerintah tapi perkembangan kurikulum diatur oleh lembaga Dayah itu sendiri yang tetap mengacu kepada pokok ilmu-ilmu yang menjadi kajian dalam pendidikan Dayah dan harus sesuai dengan standar yang ditetapkan olek Kementerian Agama.

Sambung Staf Ahli tersebut, dalam sistem pendidikan telah ditetapkan kompetensi sesuai dengan jenjang dan disiplin ilmunya, dalam konsep pendidikan akhir-akhir ini kompetensi itu dirancang sedemikian rupa di awal kegiatan pendidikan disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja dan tantangan zaman.

“ Kita harapkan melalui pelatihan kurikulum Dayah ini para pengajar Dayah dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang memiliki kopentensi unggul dalam menajawab tantang kedepan” harapnya.

Sementara Kepada Dinas Pendidikan Dayah yang diwakili oleh Sekretaris Riska Kadisa, S.Kom dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang dilakukan selama dua hari tersebut berdasarkan DPA Dinas Pendidikan Dayah TA. 2020 yang bersumber dari Otsus.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegitan ini adalah diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan Dayah dan kualitas pendidikan dayah di Kabupaten Bener Meriah dan terujudnya pelaksanaan Syariat Islam sesuai dengan Visi dan Misi pemerintah Kabupaten Bener Meriah, dan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari ( 12 – 14 Nopember 2020) dengan jumlah peserta sebanyak 56 peserta dari 28 Dayah se-Kabupaten Bener Meriah, Riska Kadisa melaporkan.

Tampil sebagai Narasumber dalam pelatihan itu adalah DR. Joni, M.Pd dan DR. Johansyah. Pembukaan kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRK Tgk. Husnul Ilmi, S.Sy, Ketua MPD Drs. Sturraya, Perwakilan darai Kemenag, perwakilan dari MPU, Perwakilan dari Mahkamah Syar’iah serta tamu undangan lainnya. (REL).

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI