Aparatur Kampung di Pintu Rime Gayo Dilatih Penggunaan GPS

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABARACEH, REDELONG: Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Bener Meriah Drs. Mukhlis membuka pelatihan operator  Global Positioning System di Aula kantor Camat Pintu Rime Gayo, Senin (22/02/2021)

Pelatihan operator Global Positioning System (GPS) yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Pintu Rime Gayo tersebut di ikuti oleh para Reje Kampung dan Aparatur Kampung dalam wilayah  kecamatan setempat.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala BPN Aceh yang diwakili oleh Rinaldi, S.SI, SH, MM selaku Kepala Bidang Infrastruktur Pertanahan BPN Aceh, Camat Pintu Rime Gayo Edi Irwansyah, SH, unsur Polri wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo, perwakilan kantor Pertanahan Bener Meriah, dan seluruh reje kampung dalam wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Drs. Mukhlis dalam sambutan Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan Kegiatan Pelatihan GPS bagi Aparatur Kampung itu, serta ucapan terima kasih Kepada Kepala BPN Aceh yang diwakili Kepala Bidang infrastruktur yang telah membantu pelaksanaan kegiatan tersebut.

Selanjutnya Drs. Mukhlis menyampaikan kegiatan pelatihan penggunaan GPS ini merupakan upaya menjawab tantangan era globalisasi dan digital untuk para aparatur kampung sehingga para aparatur kampung nantinya bisa menggunakan teknologi pengukuran dengan GPS atau menandai titik pelaksanaan kegiatan sehingga mudah dikenali dan diketahui pada suatu wilayah kegiatan dalam rangka penyediaan informasi akurat.

“Informasi apa saja itu ? misalnya informasi tentang keberadaan gajah-gajah liar atau untuk menentukan lokasi suatu petak kebun yang tidak dilalui atau dilalui track gajah. GPS juga berguna untuk menentukan batas wilayah dan luas suatu wilayah karena output data GPS yang bersifat cepat, tepat dan permanen, karena itulah pelatihan ini diadakan untuk mempermudah para aparatur dalam menjalankan tugasnya dilapangan,”kata Drs. Mukhlis.

Dikatakan Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejateraan rakyat Setdakab Bener Meriah dengan adanya pelatihan ini, sangat membantu Pemerintah Daerah dalam upaya memenuhi pelayanan Pemerintah kepada masyarakat, karena dengan pelatihan ini akan meningkatkan  Kemampuan dan kapasitas Aparat Kampung sehingga berimplikasi pada peningkatan kinerja Aparat kampung khususnya dalam wilayah kecamatan Pintu Rime Gayo. “Untuk para peserta pelatihan kami harap harus serius dalam pelatihan ini karena dapat membantu saudara-saudara dalam bertugas dilapangan nantinya, tutup Drs. Mukhlis.

Sementara itu Camat Pintu Rime Gayo Gayo Edyi Irwansyah Putra, SH menyampaikan, kegunaan program tersebut adalah untuk pembuatan akta jual beli tanah, akselarasi percepatan sertifikat program PTSL, optimalisasi pemungutan PBB, tersedia peta digital ADM tanah Desa, tersedianya peta tematik, dan optimalisasi pemungutan zakat harta, “anggaran bersumber dari dana desa,”terang Edi. (REL)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI