Penyuluh Pertanian Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABARACEH, REDELONG: Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drh. Sofyan membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas penyuluhan pertanian di Aula Rembele Caffe, Kecamatan Bukit, Rabu (24-03-2021)

Tampak hadir dalam acara tersebut Anggota DPRRI H. Irmawan, S.Sos, MM, Wakil Direktur III Polbangtan Sumut Dr. Dwi Febrimeli, SP. M,.M.Sc, Wakil DPRK Bener Meriah Tgk. Husnul Ilmi, S.Ag, Kadis Pertanian Ir. Nurisman, Kadis Perdagangan Abdul Kadir, ST,.M.Si, dan sejumlah anggota DPRK Bener Meriah lainnya.

Bimtek peningkatan kapasitas penyuluh pertanian yang berlangsung satu hari tersebut di ikuti sebanyak 90 orang peserta yang terdiri dari 20 orang penyuluh, serta 70 orang petani dalam Kabupaten Bener Meriah.

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam amanatnya yang disampaikan oleh Drh. Sofyan menyampaikan, pembangunan pertanian yang berkelanjutan merupakan suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan pangan, memperluas lapangan kerja dan lapangan berusaha, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya para petani.

bahwa untuk lebih meningkatkan di peran sektor pertanian, diperlukan penyuluh sebagai sumber daya manusia yang berkualitas, andal, serta berkemampuan manajerial, sehingga pelaku pembangunan pertanian mampu membangun usaha dari hulu sampai dengan hilir yang berdaya saing tinggi. Pembangunan pertanian akan cepat berhasil jika didukung oleh SDM yang berkualitas, salah satunya yang sangat penting adalah berfungsinya penyuluhan dimana para penyuluh sebagai ujung tombaknya.

karena itu kata Drs. Sofyan, penting kiranya kegiatan bimtek penyuluh pertanian ini agar dapat meningkatkan kompetensi dan integritas para penyuluh sehingga mereka dapat melayani masyarakat terutama petani secara baik dan maksimal sehingga tercapainya harapan peningkatan ketahanan pangan dan penguatan ekonomi masyarakat.

Selanjutnya, seiring dengan bertambah kuatnya SDM penyuluh maka pemerintah Kabupaten Bener Meriah akan terus berupaya melengkapi alat kerja untuk penyuluh diantaranya memfasilitasi kendaraan bermotor roda dua. “Pemerintah daerah sangat menyadari akan pentingnya kelembagaan penyuluhan, bagi pendukung utama pembangunan pertanian di masa yang akan dating, dengan adanya bidang yang mengurus sektor pangan dan penyuluhan, maka diharapkan kegiatan penyuluhan akan lebih baik pengelolaannya, para penyuluh lebih sejahtera dan sarana prasarananya akan lebih baik lagi,”tutup Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bener Meriah itu.

Sementara itu, Anggota DPR RI H. Irmawan, S.Sos, MM dalam sambutannya mengatakan, kekita kita berbicara secara Nasional, sektor pertanian adalah salah satu sektor urat nadi dari pada perekonomian bangsa ini, tanpa sektor pertanian negara kita ini akan luluh lantak, “apalagi hari ini ketika dilanda virus Covid-19 ini semua ekonomi di dunia ini hancur, bik itu sektor perdagangan, sektor pariwisata, hanya satu sektor pertanian di republik ini yang masih bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Republik Indonesia ini,”kata Irmawan.

Dia menambahkan, oleh karena itu sektor pertanian ini adalah salah satu sektor yang paling penting, karena itu, sudah seharusnya Pemerintah pusat, Pemerintah daerah harus membangun secara maksimal sektor pertanian baik dari hulu sampai hilir. “Pemerintah pusat harus membangun inprastruktur pertanian sampai membuka jalan-jalan produksi, membangun irigasi-irigasi dan semua yang terkait dengan inprastruktur pertanian, karena sufdah teruji berapakali negara kita ini dilanda krisis hanya sektor pertanian yang bisa mempertahankan roda perekonomian di Republik Indonesia kita ini,”demikian ujar Anggota DPR-RI itu.

Bimtek ini adalah salah satu bentuk impian kecil untuk meningkatkan kapasitas para petani-petani kita. Kita berharap dengan Bimtek ini nanti bisa menambah pengetahuan pada petani, hingga nantinya diharpakan bisa meningkatkan petani di Kabup[aten Bener Meriah, sehingga akhirnya bisa meningklatkan produksi pertanian di Kabupaten Bener Meriah ini, Saya berharap kepada seluruh peserta untuk mengikuti Bimtek ini dengan tertib dan teratur.

Wakil Direktur III Polbangta Sumut Dr. Dwi Febrimeli, SP,.M.Sc dalam kesempatan itu menyampaikan, melalui Bimtek ini perlu kiranya peningkatan kafasitas petani kita. Autput dari kegiatan ini adalah, memberikan pencerahan dan bantuan bimbingan, dukungan kepada para penyuluh dan petani sebagai pemberi manfaat untuk membuka wawasannya bahwa sektor pertanian adalah sektor penting dalam ekonomi di Indonesia.

“Dari kegiatan ini, nantinya badan SDM nantinya diberikan bantuan modal untuk kelompok usaha bersama, untuk itu kita bekerjasama dengan Dinas Pertanian untuk mengusulkan kelompok usaha bersama. Bantuan modal usaha ini sebenarnya adalah untuk menunjang, membantu terutama generasi muda ditahun melenial sekarang ini. Membangkitkan semangat generasi muda terutama petani melenial untuk menjadi pelopor di bidang pertanian,”ucap Wakil Direktur Polbangta Sumut.(REL)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI