Kadis DSI Aceh: MTQ ke 35 Ajang Seleksi ke Nasional

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
MTQ Ke-35 Aceh di Bener Meriah

KABARACEH, REDELONG: Ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Aceh ke-35 yang berlangsung di kabupaten Bener Meriah merupakan juga salah satu ajang seleksi untuk peserta MTQ Nasional.

Hal tersebut diungkapkan oleh  Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, EMK Alidar. “Ajang tersebut juga sebagai seleksi untuk dikirim ke tingkat nasional. Pemenang dari setiap cabang yang diperlombakan itu akan kita kirim ke MTQ nasional, tentu juga dilakukan seleksi kembali di tingkat provinsi,” ungkap 

EMK Alidar, Senin (20/6/2022).

MTQ Aceh ke-35 di Bener Meriah dibuka secara resmi oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah  Sabtu (18/6/2022) malam. Serimoni pembukaan berlangsung di lapangan Sengeda, meriah dan dipadati pengunjung. 

EMK Alidar menyebutkan pada  pada MTQ ke 35 ini, terdapat  delapan cabang lomba.  Riinciannya yakni:  tilawah diikuti 198 peserta, qiraat sab’ah 167 peserta, tahfis 203 peserta, fahmil 132 peserta, syahril 138 peserta, khatt 174 peserta dan karya tulis ilmiah Alquran 39 peserta.

Ia menjelaskan sejak  jauh hari pihak penyelenggara telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Peserta dalam yang mengikuti event ini berjumlah 1.257 peserta perwakilan kabupaten/kota di Aceh.

Ia berharap, pelaksanaan kegiatan MTQ tersebut tidak ada kendala sampai selesai dengan dukungan semua pihak.

Sebelumnya Gubernur Aceh, Nova Iriansyah ketika membuka MTQ tersebut  berpesan kepada seluruh masyarakat yang hadir agar menjadikan acara ini sebagai momentum meningkatkan spirit dalam mengimplementasikan  Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Even MTQ ini diharapkan dapat mengubah paradigma dari kebiasaan memajang atau menyimpan Alquran kepada kesadaran untuk bertadarus dan bertadabbur Alquran,” ujarnya.

Gubernur mengungkapkan Al Quran sebagai pedoman hidup sudah selayaknya tetap selalu menjadi pedoman dalam setiap kehidupan sosial masyarakat Aceh. Apalagi Aceh yang merupakan daerah yang menerapkan syariat Islam.

Penyelenggaraan event MTQ merupakan sarana menjaga kemurnian Alquran melalui tradisi lisan para pembaca dan penghafal Al-Qur’an. Selain itu  juga menjadi sarana dakwah dengan upaya memperkenalkan Alquran kepada masyarakat. Menurutnya MTQ salah satu media yang sangat efektif dalam menyebarkan syiar Islam kepada masyarakat. (ARS)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI