Melihat Peran Pariwisata Pante Menye Terhadap Perekonomian di Kecamatan Bintang

24/05/2024

Pante Menye adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Aceh Tengah, kecamatan Bintang, Pante Menye ini merupakan tempat yang menjadi pusat sektor pariwisata dan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing.

Saat ini Pante menye menjadi pintu gerbang bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi tempat wisata Pante Menye oleh karena itu, tidak heran jika pengaruh kegiatan pariwisata terhadap kehidupan perekonomian masyarakat di kecamatan Bintang sangat besar.

Bacaan Lainnya

Pariwisata juga menjadi daya jual yang baik untuk berkembangnya ekonomi di Aceh Tengah khususnya di Pante Menye. Karena hal tersebut dapat menggali atau memperkenalkan budaya atau pedesaan yang dimiliki di negeri yang sejuk dataran tinggi tanah Gayo.

Pariwisata juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan kerja serta membangkitkan pertumbuhan industri pariwisata. Oleh karena itu dapat memicu berkembangnya ekonomi di kecamatan Bintang.

Pariwisata sangat penting bagi perkembangan perekonomian di Pante Menye dan kawasan sekitarnya, karena pariwisata berkontribusi dengan pemerintah daerah.

Dengan berkembangnya pariwisata juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi pengangguran yang berada di sekitar Pante Menye kecamatan Bintang ini, sektor pariwisata salah satu sektor strategis yang harus dimanfaatkan untuk membangun kepariwisatan sebagai bagian dari pembangunan daerah.

Pembangunan pariwisata di Pante Menye ini mempunyai tujuan akhir untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Ketika pariwisata bertumbuh dengan baik maka perekonomian juga meningkat bahkan barang-barang di sekitaran pariwisata Pante Menye ini juga bisa menjadi semakin bernilai ekonomis.

Hal ini menjadi sebuah keuntungan bagi pedagang dan masyarakat di sekitaran Pante Menye kecamatan Bintang ini.

Dan selain itu juga banyak keuntungan bagi masyarakat yang berada disekitaran pante menye ini, salah satu nya bisa mempromosikan produk Kopi Gayo dan juga langsung bisa dinikmati oleh wisatawan. Salah satunya adalah menikmati rasa Kopi Arabika Gayo  di Pante Menye.

Hazdi Syah Putra
(Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala)