Dispar Aceh Tengah Gelar Festival Produk Unggulan Kopi 2024, Ini Jadwalnya

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

TAKENGON, KABARACEHONLINE.COM – Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah gelar Festival Produk Unggulan Kopi 2024. Kegiatan ini akan berlangsung di Lapangan Sepak Bola Musara Alun pada tanggal 31 Mei hingga 1 juni 2024 mendatang.

Disebutkan Festival ini merupakan bagian dari rangkaian penyambutan PON ke XXII Sumut – Aceh. Juga salah satu kegiatan dalam upaya mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pengembangan industri kreatif di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tengah, zulkarnain, Rabu (22/5/2024) mengatakan,  acara ini merupakan wujud komitmen Aceh Tengah untuk mendukung pertumbuhan pariwisata ekonomi lokal dan memberdayakan UMKM di Aceh Tengah.

Melalui Event ini, katanya, diharapkan dapat memberikan solusi nyata bagi para pelaku usaha untuk berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas. “Dan dapat mendatangkan para wisatawan datang dan menikmati wisata negeri diatas awan ini,” ujarnya.

“Tujuannya adalah mengajak masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk lokal buatan UMKM, memberikan ruang bagi pelaku industri kreatif untuk mengekspresikan kreativitas mereka, serta memperluas jangkauan pasar dan mendorong distribusi produk UMKM melalui digitalisasi,” ujarnya.

Even ini, juga diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi UMKM di Aceh Tengah untuk semakin maju dan berdaya saing, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendukung produk lokal.

Melalui partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk Dinas Pariwisata, acara ini diharapkan mampu membawa dampak positif bagi perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat Aceh Tengah.

Kegiatan tersebut juga merupakan  bahagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI).

Sebagaimana diketahui, kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang sangat populer dan mendunia. Seiring berjalannya waktu, kopi semakin banyak dikenal dan dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Konsumsi komoditas kopi diproyeksikan akan terus meningkat. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan mobil-mobil  kopi yang tersebar di daerah perkotaan khususnya, di Aceh Tengah serta secara umum di sejumlah daerah di provinsi Aceh. (ARS)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI