Beruang Madu Masuki Pemukiman di Permata, BKSDA Lakukan Pemantauan

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABARACEHONLINE.COM, REDELONG: Sepekan terakhir Beruang madu masuki pemukiman di Kampung Jungke, Kecamatan Permata Bener Meriah. Warga mengaku khawatiran ketika beruang madu memasuki pemukiman mereka. Selama seminggu, hewan tersebut merusak rumah dan memangsa ayam ternak warga.

Warga melaporkan kejadian ini kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dengan permintaan agar hewan tersebut segera ditangkap. Namun, sebagai hewan yang dilindungi, warga enggan mengambil tindakan sendiri.

Menanggapi permintaan warga, pihak Polsek Kecamatan Permata dan Petugas Resort Konservasi Wilayah 7 Aceh Tengah BKSDA Aceh melakukan pencarian beruang pada tanggal 27 April 2023. Mereka juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak menjerat atau memburu hewan tersebut.

Kepala BKSDA Aceh, Gunawan Azla, menyatakan bahwa pihaknya terus memantau situasi di lapangan dan menggunakan metode pengusir hewan yang aman seperti mercon. Tim terdiri dari petugas resort, Babinsa, BKSDA, dan masyarakat yang turut membantu dalam pemantauan.

Beruang madu termasuk dalam hewan yang dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Namun, hewan ini sering memasuki pemukiman warga karena kerusakan habitat yang semakin parah.

BKSDA Aceh akan terus memantau situasi di kampung Jungke, dan masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas di perkebunan. (ARS)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI