Festival Mobil Kopi dan Produk Unggulan Kopi se-Aceh Dibuka di Takengon

24/05/2024

KABARACEH, TAKENGON: Dibuka oleh Sekretaris Daerah, Subhandhy mewakili PJ Bupati Aceh Tengah, Festival Mobil Kopi dan Produk Unggulan Kopi se-Aceh resmi dibuka dan akan berlangsung pada 18-20 Mei 2023 di Lapangan Musara Alun Takengon, Kamis sore (18/5/2023).

Festival ini diikuti oleh mobil-mobil kopi se-Aceh juga diisi dengan kegiatan lomba mobil kopi dan bazar produk unggulan kopi oleh UMKM. Tak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan dengan lomba Barista dan pentas seni yang menghadirkan para seniman papan atas dari Dataran Tinggi Gayo.

Bacaan Lainnya

Pembukaan Festival Mobil Kopi juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda seperti Kapolres Aceh Tengah, Dandim 0106, Wakil Ketua DPRK, perwakikan Kajari, sejumlah Kepala OPD/SKPK terkait dan undangan lainnya. 

Sebagaimana diketahui trend Mobil Kopi semakin meningkat. Kehadiran cafe berjalan ini semakin memanjakan para penikmat dan pencinta kopi. Mobil kopi ini biasa mangkal di lokasi-lokasi strategis, seperti di lokasi wisata, lapangan olahraga, tempat rekreasi dan taman bermain, serta tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang.

Sementara di Gayo, Mobil Kopi telah menjadi salah satu ikon baru selain ekonomi kreatif yang sedang tumbuh pesat. Menikmati sajian Mobil Kopi sembari berwisata di Dataran Tinggi Gayo, jadi pengalaman yang sulit dilupakan wisatawan. 

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tengah, Zulkarnain mengatakan, kegiatan yang akan dipusatkan di Lapangan Musara Alun Takengon ini sebagai upaya mewadahi kreativitas para entrepreneur kopi Gayo dari seluruh Aceh untuk menunjukkan kreativitas mereka menyajikan kopi terbaik mereka. Festival ini juga dimaksudkan untuk menarik minat para wisatawan mengunjungi daerah ini. 

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda, Pj Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sedang berupaya mengoptimalkan sektor pariwisata guna mendongkrak pendapatan asli daerah, membuka kesempatan kerja, dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Penyelenggaraan festival mobil kopi dan produk unggulan kopi ini bertujuan untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Aceh Tengah, dengan hadirnya para wustawan dari luar daerah, akan meningkatkan pendapatan para pelaku usaha pariwisata, yang pada akhirnya akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakan dan pendapatan daerah, selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya promosi produk unggulan kopi untuk membuka pangsa pasar kopi Gayo yang lebih luar di pasar dalam negeri” ungkap Pj Bupati sebagaimana dibacakan oleh Sekda Subhandhy.

Tidak kurang dari 57 mobil kopi dari berbagai daerah se Aceh dan sekitar 30 UMKM Kopi di Aceh Tengah dan Bener Meriah,memeriahkan festival mobil kopi ini. 

Pj Bupati  berharap, untuk tahun depan, cakupan peserta lebih diperluas dengan melibatkan peserta dari berbagai daerah baik di Aceh maupun luar Aceh, sehingga dampaknya lebih besar bagi pengembangan pariwisata daerah.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yan telah merespon positif dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, kedepan, jangkauan kegiatan ini agar lebih diperluas dengan peserta dari dalam dan luar Aceh” sebutnya.

Bagi pencinta kopi, hadir dalam festival ini rugi untuk dilewatkan. Datang bersama keluarga tercinta jadi pilihan tepat.  Anak-anak akan dimanjakan dengan wahana permainan anak tersedia di arena festival. (Arsadi)