Perhelatan Pacuan Kuda, Shabela:Jangan Ada Judi

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH


KABAR ACEH, ACEH TENGAH: Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar membuka Pacuan Kuda Tradisional dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Takengon yang ke 443, bertempat di Lapangan Pacuan Kuda H.M. Hasan Gayo Belang Bebangka Pegasing, Senin (24/02).


Sejumlah daerah ambil bagian dan mengirimkan kuda-kuda terbaiknya dalam perlombaan pacuan kuda yang akan berlangsung selama satu minggu sejak tanggal 24 Februari sampai dengan 01 Maret 2020 ini, diantaranya Kabupaten Aceh Tengah mengirimkan 188 ekor kuda, Kabupaten Bener Meriah 109 ekor kuda, Kabupaten Gayo Lues 66 ekor kuda serta Kabupaten Aceh Tenggara dengan 8 ekor kuda.


Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa event pacuan kuda yang dilaksanakan pada hari ini merupakan rangkaian kegiatan dalam menyemarakkan hari jadi Kota Takengon yang ke-443, oleh karena itu pacuan kuda kali ini harus benar-benar menjadi hiburan rakyat dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dengan penuh kegembiraan.


“Sebagaimana kita ketahui, pacuan kuda merupakan bahagian dari tradisi masyarakat gayo dalam menyambut hari-hari besar yang dianggap sakral dan penting. Pacuan kuda di daerah ini telah menjadi media silaturrahmi dan hiburan bagi masyarakat kita, bukan hanya bagi penggemar olah raga berkuda, tapi juga para pedagang dan bahkan masyarakat dari luar daerah, terkhususnya bagi saudara serumpun dari Kabupaten Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara”, ucap Shabela.


Lebih lanjut Shabela menambahkan, dalam pagelaran pacuan kuda yang dilaksanakan selama satu minggu kedepan, “setiap orang yang hadir dilapangan ini untuk mengindahkan norma-norma yang berlaku di masyarakat kita, tidak melakukan pelanggaran syari’at dan tidak melakukan permainan judi, serta dapat menghentikan sementara segala hiburan, paling kurang 20 menit sebelum Adzan dikumandangkan”, tegasnya.


Diakhir sambutannya, Shabela Abubakar mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pemilik kuda dan para joki serta para penggemar pacuan kuda yang telah mengambil bagian dalam kegiatan pacuan kuda kali ini dan berharap agar seluruh masyarakat yang hadir menyaksikan pacuan kuda kali ini dapat menikmati perlombaan dengan tertib dan aman. 


Usai memberikan sambutan dan membuka secara resmi event Pacuan Kuda dalam rangka memperingati HUT Kota Takengon ke 443 tahun ini, Bupati Shabela Abubakar didaulat untuk memberikan hadiah berupa uang pembinaan kepada Juara I, II dan III Lomba Lari Marathon 10K tingkat SLTA sederajat kategori putra dan putri, yang perlombaannya telah dimulai sejak pagi tadi dan pelepasannya dilakukan oleh Bupati didampingi oleh Dandim 0106 Aceh Tengah bertempat di garis start yang berada di depan halaman Kantor Bupati Aceh Tengah. (REL)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI