Depet Indah dan Tanoh Depet Terima Penghargaan Zero Stunting

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABARACEHONLINE.COM, TAKENGON: Pemerintahan di Kampung Tanoh Depet dan Depet Indah, Kecamatan Celala, Aceh Tengah, telah menerima piagam penghargaan Zero Stunting dari Pemerintah Kabupaten setempat pada Rabu, 26 April 2023. Acara penyerahan piagam dan uang pembinaan dilakukan di SD 6 Celala dan diadakan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-27 Otonomi Daerah.

Dalam acara tersebut, piagam penghargaan langsung diserahkan kepada Dua Reje Tanoh Depet, M Daud dan Reje Depet Indah, M Ali oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tengah, Teuku Mirzuan. Setelah penyerahan piagam tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah, dr Yunasri, mengungkapkan bahwa kedua kampung tersebut berhasil mempertahankan status Zero Stunting hingga saat ini.

Menurut dr Yunasri, sebelumnya pada tahun 2021, di daerah tersebut, ada tujuh orang yang terdiagnosis stunting dengan persentase 8 persen. Namun, saat ini dua kampung tersebut telah berhasil mengatasi kasus stunting dan menjadi nihil kasus. Oleh karena itu, ia berharap bahwa penghargaan yang telah diberikan Pemkab dapat terus dipertahankan di masa depan.

Secara umum, di Kecamatan Celala pada tahun 2019, sebanyak 129 orang dinyatakan mengalami stunting dengan persentase 17,2 persen. Namun, pada tahun 2022, terjadi penurunan kasus drastis menjadi 13 orang atau 1,8 persen. Menurut dr Yunasri, hitungan angka ini dilakukan setiap tiga tahun sekali. Artinya, setelah tiga tahun baru dilakukan evaluasi.

“Kami berharap bahwa kedepan dapat dipertahankan. Pihak terkait di desa harus terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tidak terjadi lagi,” tutur dr Yunasri.

Selain itu, dalam momen yang sama, pihaknya juga turut menggelar Bakti Sosial (Baksos) pengobatan massal di dua desa tersebut lewat Pelayanan Kesehatan Dasar Bergerak (Pelkesprim Mobile). Upaya ini dilakukan untuk percepatan penurunan stunting, AKI/AKB, TBC Paru, peningkatan cakupan imunisasi, dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM).(ARS)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI