KIK Desa Paya Tumpi Baru Wakili Aceh di KIMFest Nasional

24/05/2024

KABARACEHONLINE.COM – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Paya Tumpi Baru Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah, akan mewakili provinsi Aceh dalam ajang KIMFest Nasional tahun 2023 di Surabaya.

Festival KIM tingkat Nasional yang akan digelar di Gedung Balai Pemuda, Alun-Alun Kota Surabaya dari tanggal 27 hingga 28 Oktober 2023 ini,  ditampilkan Kompetisi KIM, Booth UMKM, Booth Pelayanan Publik dan Hiburan bernuansa budaya daerah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

KIM Kampung Paya Tumpi Baru yang akan berangkat ke Surabaya mewakili Aceh, merupakan KIM terbaik seluruh Aceh berdasarkan penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh Diskominsa Aceh, beberapa waktu yang lalu.

Penilaian tersebut meliputi keaktifan KIM, optimalisasi pemanfaatan website desa untuk pengembangan ekonomi, terbinanya UMKM dengan beragam jenis usaha dan sinergi yang baik antara KIM dengan aparat desa dan masyarakat.

Reje (Kepala Desa) Kampung Paya Tumpi Baru, Idrus Saputra, yang dihubungi hari ini, Minggu (22/10/2023) di kantornya, menyampaikan pihaknya sudah mempersiapkan semua yang diperlukan untuk tampil di KIMFest tahun ini.

“Alhamdulillah, tahun ini kami mendapat kepercayaan untuk mewakili Aceh di ajang KIMFest 2023 di Surabaya, tentunya ini sebuah kehormatan bagi kami sekaligus tantangan untuk bisa membawa nama baik kabuoaten dan provinsi di kancah nasional, Insya Allah kami sudah melakukan persiapan sebaik-baiknya dan menyiapkan segala sesuatunya agar bisa tampil optimal nantinya” ungkap Idrus yang akrab dipanggil Ados ini.

Lebih lanjut Ados menjelaskan, pihaknya akan mepresentasikan seluruh kegiatan KIM di desanya dalam kompetisi KIM Nasional serta menampilkan produk unggulan UMKM di desanya di arena Booth UMKM.

“Selain mempresentasikan kegiatan KIM, kami juga akan menampilkan produk unggulan UMKM di kampung kami seperti cerutu, produk olahan kopi, madu lebah dan kerajinang kerawang gayo khususnya jembolang, kami juga akan menyediakan kopi gayo siap saji bagi para pengunjung stand” lanjut Ados.

Tim dari Paya Tumpi Baru yang terdiri dari Reje, Ketua KIM dan salah seorang pelaku UMKM direncanakan akan bertolak dari Banda Aceh tanggal 24 Oktober 2023 mendatang, didampingi oleh Kadis Kominfo Aceh Tengah, Ir. Khairuddin Yoes, ST, MM dan Kepala Dinas Kominsa Aceh, Marwan Nusuf, BhSc, M Si serta Kabid. PMKP, Alfajrian. (REL)